Update templates

Sabtu, 13 Juli 2013

Kasih Sayang Rasulullah saw


Nabi Muhammad s.a.w mencerminkan secara sempurna sifat Rahimiyyat Allah Taala. Didalam seluruh kehidupan Rasulullah s.a.w telah menunjukkan rasakasih sayang yang tiada tara bandingannya terhadap orang-orang beriman dan kepada orang-orang yang tidak beriman sekalipun.
Kehidupan Rasulullah s.a.w yang penuh dihiasi dengan peristiwa-peristiwa kasih-sayang itu nampak dengan gemilang dan mengharukan perasaan setiap orang sekalipun dalam perkara-perkara yang kecil. Beliau selalu merasa khawatir dan gelisah memikirkan bagaimana upaya untuk menjauhkan penderitaan dan kesusahan makhluk-makhluk  Allah Taala.
Didalam khutbah yang lalu, saya telah menjelaskan beberapa buah hadits, sekarang saya akan menjelaskan beberapa hadits lagi didalam khutbah ini, yang mengandung berbagai macam contoh yang menambah kecemerlang segi-segi kehidupan Rasulullah s.a.w. Kita akan melihat beberapa hal yang kecil dimana dari sudut pandang dunia, bagi orang yang sudah mencapai kedudukan tinggi yang jika para pengikutnya sudah rela mengorbankan jiwa raga mereka untuknya semata-mata, maka untuk orang yang semacam itupun tidak akan mampu melakukan apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah s.a.w bahkan tidak akan terpikir olehnya untuk melakukannya. Perasaan orang-orang beriman dicurahkan untuk Rasulullah s.a.w yang menurut segi pandang dunia dikatakan kegila-gilaan, akan tetapi sesungguhnya hal itu timbul didalam kalbu orang-orang beriman disebabkan adanya rasa kecintaan yang sangat luar biasa dalamnya kepada beliau.
Saya akan memberi sebuah contoh, yang orang-orang non Islampun menilainya sebagai suatu hal yang luar biasa dan memberitahukan kepada teman-teman mereka begini : “Kita tidak akan mampu melawan orang-orang ini yang disebabkan pengaruh kecintaan yang sangat dalam, mereka sangat gila menyerahkan segala-galanya demi dia (Muhammad s.a.w). Sampai-sampai bekas air wudhunya pun ditampung dengan tangan mereka sampai satu tetespun tidak ada yang jatuh ketanah.”
Jika orang dunia mendengar penilaian seseorang begitu baiknya terhadap Rasulullah s.a.w, dia tidak akan terkesan apa-apa olehnya, dan tidak akan mendapat kesan untuk memiliki rasa kecintaan, kelembutan hati dan kasih sayang terhadap orang lain bahkan sebaliknya ia akan menjadi sombong dan takabur. Akan tetapi, kami orang beriman siap berkorban demi Junjungan kami Muhammad Mustafa s.a.w. Walaupun demikian luhurnya martabat dan kedudukan beliau s.a.w, namun demi kesenangan dan kesejahteraan orang-orang mu’min beliau selalu menyerahkan berbagai macam pengorbanan disertai rahmat dan kasih sayang yang selamanya bergelora didalam kalbu beliau s.a.w. Beliau mengajarkan kepada mereka bagaimana caranya untuk mendapatkan rahmat dan kasih sayang Tuhan. Beliau senantiasa gelisah memikirkan: “Jangan-jangan mereka mendapat kesusahan karena aku. Tuhan telah menamakan diriku Rahmatul-lil-Alamin. Wujudku menjadi rahmat dan kasih sayang bagi seluruh dunia.” Beliau selalu berdo’a untuk orang-orang mu’min agar mereka mendapat rahmat dan pengampunan dari Allah Taala. Beliau merasa sedih dan sengsara hati apabila menyaksikan mereka berada dalam penderitaan.
Didunia ini tidak ada seorangpun yang mampu memperlihatkan seperseratus ribu bagianpun dari contoh kasih sayang beliau s.a.w itu apalagi untuk menandinginya. Saya akan menceritakan sebuah kisah tentang perlakuan kasih sayang beliau, walaupun kisah ini nampaknya sangat kecil, akan tetapi kasih sayang yang beliau tunjukkan ini tidak pernah dapat dilakukan oleh orang lain sekalipun oleh seorang majikan yang mempunyai sikap dan perasan sangat lemah-lembut terhadap anak buahnya.
Riwayat Pertama
Abdullah bin Abu Bakar r.a. meriwayatkan dari seseorang katanya:
“Pada suatu hari dalam perjalanan untuk berperang di Hunain, saya memakai sepatu kulit yang tebal. Saya berjalan dibelakang Rasulullah s.a.w. Karena jalan sangat sempit tiba-tiba kaki Rasulullah s.a.w. tersandung oleh sepatu saya dan terinjak dari belakang sehingga beliau kesakitan dan beliau segera memukul perlahan saja sambil mendorong saya kebelakang dengan sebuah pecut (cambuk) yang beliau pegang sambil bersabda : “Hai Fulan, engkau telah menyakiti kakiku.”  Beliau (Abdullah bin Abu Bakar r.a) mengatakan : “sepanjang malam orang itu tidak bisa tidur karena dia merasa bersalah sudah menyakiti kaki Rasulullah s.a.w, dia berulang-kali berpikir dan menyesali diri sendiri, mengapa saya telah menyakiti Rasulullah s.a.w. Keesokan harinya pagi-pagi sekali seorang datang mencarinya untuk berjumpa Rasulullah s.a.w. Katanya ; “saya dengan perasaan gemetar dan takut datang menghadap Rasulullah s.a.w. Beliau bersabda kepada saya” : “Hai Fulan ! Kemarin engkau telah menginjak kakiku dan engkau telah menyakiti aku. Tapi sebaliknya aku telah memukul sambil mendorong engkau kebelakang dengan cambukku ini supaya kakiku terlepas dari kaki engkau. Aku pukul engkau perlahan sambil mendorong engkau kebelakang dengan cambukku ini, tentu aku telah menyakiti engkau. Oleh karena itu ambillah dari aku 80 (delapan puluh) ekor domba sebagai balasan rasa sakit engkau karena cambukku ini.
Lihatlah bagaimana Rasulullah s.a.w Rahmatul-lil-Alamin telah berlaku terhadap seorang hamba yang lemah itu. Beliau s.a.w sendiri merasakan sakit karena terinjak oleh sepatu sahabat itu, dan untuk melepaskan kaki beliau dari bawah sepatu sahabat yang telah menginjak itu beliau mendorongnya kebelakang dengan cambuk yang beliau pegang. Sepanjang malam beliau s.a.w berpikir mengapa aku telah memukul dan mendorong orang itu kebelakang dengan cambukku ini. Tentu ia merasa sakit oleh cambukku ini, sedangkan beliau sendiri tidak memikirkan kesakitan yang disebabkan terinjak oleh kaki sahabat itu. Bahkan beliau karena merasa malu terhadap sahabat itu dan menyesal atas perlakuan beliau terhadapnya,sepanjang malam beliau s.a.w tidak bisa tidur. Akhirnya dengan rahmat dan kasih sayangnya, beliau s.a.w memberikan 80 ekor domba sebagai ganjaran atas perlakuan beliau s.a.w terhadap sahabat itu.
Riwayat Kedua
Kemudian dalam sebuah peristiwa lain lagi, lihatlah bagaimana perlakuan beliau s.a.w terhadap seseorang yang datang dari sebuah kampung yang tidak tahu adab sama sekali, bahkan nampaknya orang itu tidak mau belajar bagaimana berlaku adab terhadap seseorang. Bahkan orang itu sangat bangga atas kebiasaan perlakuan kasarnya. Namun beliau s.a.w telah memperlakukannya dengan ramah-tamah dan lemah lembut terhadapnya.
Anas r.a. meriwayatkan, katanya, saya sedang menyertai Rsulullah s.a.w. diwaktu itu Rasulullah s.a.w menutup leher beliau dengan sehelai kain cadar yang pinggirannya tebal sekali. Ketika orang kampung itu datang langsung menarik kain cadar itu dengan kuatnya sehingga meninggalkan bekas goresan pada leher Rasulullah s.a.w. Lalu orang itu berkata : “Hai Muhammad harta apapun yang ada yang telah Allah Taala anugerahkan kepada engkau letakanlah diatas kedua untaku ini. Karena engkau tidak akan memberi kepadaku dari harta engkau sendiri ataupun dari harta orang tua engkau. Mendengar kata-katanya itu mula-mula Rasulullah s.a.w diam saja tidak menjawabnya. Kemudian beliau s.a.w bersabda :
اَلْمـاَلُ مَالُ اللهِ وَاَنَا عَبْدُهُ
Artinya : Harta itu memang kepunyaan Allah Taala. Aku hanyalah seorang hamba-Nya. Setelah itu beliau bersabda : “ Engkau telah menyakiti aku. Engkau harus memberi pembalasan sebagai ganjaran kepadaku.”Orang kampung itu menjawab : “Tidak, aku tidak akan memberi apa-apa “Beliau bersabda : “Mengapa tidak? Mengapa kamu tidak mau memberi?”  Dia menjawab : Aku tahu engkau tidak akan membalas keburukan dengan keburukan”.  Mendengar jawabannya itu Nabi s.a.w tersenyum, dan beliau s.a.w faham maksud perkataan orang itu. Lalu beliau menyuruh sahabat beliau untuk meletakkan buah-buah kurma dan gandum (bahan makanan) diatas punggung kedua unta orang kampung itu.
Sebenarnya orang kampung itu bukanlah orang dungu. Dia tahu betul bagaimana kepribadian Rasulullah s.a.w yang dari ujung rambut sampai ujung kaki beliau merupakan wujud rahmat, beliau pema’af, belas kasih dan penyayang bagi makhluk Tuhan. Dia yakin apapun yang akan dia minta pasti akan dikabulkan oleh Rasulullah s.a.w.
Berdoa Agar diturunkan kasih sayang
Rasulullah s.a.w dengan berbagai macam cara selalu  menghimbau orang-orang mu’min supaya mereka senantiasa ingat kepada Tuhan agar mereka selalu mendapat limpahan rahmat kasih sayang Allah Taala. Azab yang bertubi-tubi turun berupa bencana-bencana alam yang telah menimpa kaum-kaum terdahulu, banyak negeri porak-poranda dan hancur luluh sehingga meninggalkan hanya nama dan bekas-bekasnya saja. Beliau s.a.w sangat merasa khawatir jangan-jangan disebabkan sesuatu kesalahan azab seperti itu turun pula menimpa mereka yang telah  beriman kepada beliau s.a.w atau orang-orang yang tinggal disekitar kampung halaman beliau s.a.w. Maka dari itu kapan saja saat beliau melihat ada angin bertiup kencang atau hujan lebat turun, beliau segera memohon perlindungan kepada Allah Taala dan berdo’a agar Dia menurunkan kasih sayang-Nya. Dan beliau s.a.w menghimbau orang-orang mukmin juga untuk memohon kasih sayang-Nya, agar angin yang sedang bertiup kencang atau hujan yang sedang turun dengan derasnya itu jangan menjadi azab bagi mereka. Maka bila saja terjadi angin badai atau angin kencang bertiup atau hujan turun dengan derasnya maka beliau s.a.w segera memohon perlindungan dan kasih sayang  Allah Taala.
Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh  Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w bersabda : “Sekali-kali janganlah kamu mengutuki angin karena angin juga pembawa rahmat Allah Taala disamping ia membawa azab. Akan tetapi mintalah kebaikan dari angin itu kepada Allah Taala dan mohonlah perlindungan kepada-Nya dari keburukannya.”
Utbah bin Rawahah mendengar dari Aisyah r.a. katanya : “Apabila angin bertiup kencang atau nampak ada awan tebal diatas langit, maka muka Rasulullah s.a.w nampak segera berubah, sebentar duduk  sebentar berjalan, beliau s.a.w mondar-mandir dalam keadaan gelisah dan khawatir takut kalau-kalau angin atau awan itu membawa azab. Apabila hujan sudah turun beliaupun nampak gembira, kegelisahanpun perlahan-lahan menghilang.”
Kata  Aisyah r.a, diwaktu itu beliau s.a.w bersabda : “Aku merasa takut jangan-jangan azab turun bersama angin atau awan itu yang akan menimpa ummatku”. Apabila beliau melihat hujan sudah turun, beliau bersabda : “Alhamdulillah ini rahmat Allah turun!”
Wujud Rasulullah s.a.w dari ujung rambut sampai ujung kaki semata-mata rahmat bagi semua makhluk Allah Taala. Beliau sendiri berdo’a untuk semua dan mengajarkan juga do’a-do’a itu yang harus diamalkan oleh ummat beliau. Apabila ada angin atau badai bertiup kencang bacalah do’a ini:
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ
وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَااُرْسِلَتْ بِهِ
Artinya : “Ya Allah aku memohon kebaikannya dan kebaikan yang ada didalamnya dan kebaikan yang diturunkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada Engkau dari keburukannya dan dari keburukan yang ada didalamnya dan dari keburukan yang diturunkan bersamanya.”
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجْاَتِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيْعِ سَخَتِكَ
Artinya :“Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari hilangnya ni’mat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, dan dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan padaku, dan dari azab Engkau yang datangnya secara tiba-tiba dan aku berlindung kepada Engkau dari semua perkara yang menimbulkan kemurkaan Engkau.”
Kasih Sayang Terhadap Perempuan Tua
Sekarang tengoklah bagaimana perlakuan Wujud Penuh Rahmat (Muhammad s.a.w) ini terhadap seorang perempuan yang lemah dan sangat miskin dan hampir menemui ajalnya, beliau dengan kasih-sayangnya memanjatkan do’a untuknya, dan setelah meninggal dunia beliau dengan rasa kasih sayangnya berdo’a maghfirah pula untuknya.
Tentang perempuan itu terdapat riwayat yang diceritakan oleh Ibnu Shihab, dari Abu Imamah katanya, disebuah kampung diluar Madinah ada seorang perempuan sedang sakit keras. Beliau selalu bertanya kepada para sahabat bagaimana kesehatan orang perempuan itu. Dan dipesan kepada para sahabat, apabila orang perempuan itu meninggal dunia jangan dikuburkan sebelum beliau datang untuk menyembahyangkan jenazahnya. Tidak lama kemudian pada suatu malam perempuan tersebut meninggal dunia dan pada malam itu juga jenazahnya dibawa ke Madinah. Namun pada waktu jenazah tiba di Madinah Rasulullah s.a.w sudah tidur dan para sahabat tidak berani membangunkan karena tidak mau mengganggu beliau s.a.w.  Maka para sahabat langsung menyembahyangkan jenazah perempuan itu kemudian malam itu juga langsung dimakamkan di pekuburan Jannatul Baqi.
Keesokan harinya pagi-pagi sekali Rasulullah s.a.w menanyakan keadaan perempuan tua yang sakit itu. Para sahabat menjawab : Ya Rasulullah, dia sudah meninggal tadi malam dan sudah dikuburkan. Semalam kami dapati Rasulullah s.a.w sudah tidur dan kami tidak merasa patut untuk membangunkan Rasulullah s.a.w. Lalu beliau s.a.w minta ditunjukkan kuburannya kepada para sahabat. Kemudian beliau bersama para sahabat pergi kekuburan.Sampai disana belliau berdiri dan para sahabatpun berdiri berbaris dibelakang beliau s.a.w. Lalu beliau memimpin sembahyang jenazah untuk perempuan itu.
Dalam riwayat lain dikatakan baliau bersabda kepada para sahabat : “Lain kali kalian jangan berbuat demikian lagi! Jika aku sudah mengatakan untuk memimpin sembahyang jenazah seseorang, bagaimanapun kalian harus memberitahu aku, atau menunggu aku untuk melakukannya. Jika diantara kalian ada yang meninggal harus memberitahu aku untuk memimpin sembahyang jenazahnya. Jika kalian tidak memberitahu aku bagaimana aku bisa datang untuk memimpin sembahyang jenazahnya. Do’aku menjadi sumber rahmat bagi orang yang sudah meninggal dunia”  Didalam riwayat ini dikatakan beliau s.a.w pergi kekuburan lalu memimpin sembahyang jenazah dengan mengucapkan takbir 4 kali.
Sumber; agama-islam.org

0 komentar:

Posting Komentar